Penerapan Green Architecture pada bangunan

Green Architecture ialah sebuah konsep arsitektur yang berusaha meminimalkan pengaruh buruk terhadap lingkungan alam maupun manusia dan menghasilkan tempat hidup yang lebih baik dan lebih sehat, yang dilakukan dengan cara memanfaatkan sumber energi dan sumber daya ala m secara efisien dan optimal. ‘Green’ dapat diinterpretasikan sebagaisustainable (berkelanjutan), earthfriendly (ramah lingkungan), dan high performance building (bangunan dengan performa sangat baik)  


Meskipun teknologi baru yang terus dikembangkan un tuk melengkapi praktek saat ini dalam menciptakan struktur hijau, tujuan umum adalah bahwa bangunan hijau dirancang untuk mengurangi dampak keseluruhan lingk ungan binaan terhadap kesehatan manusia dan lingkungan alam dengan cara :
  1. Efisien menggunakan energi, air, dan sumber daya lainnya. Dirancang dengan biaya lebih sedikit untuk mengoperasikan dan memili ki kinerja energi yang sangat baik.
  2. Melindungi kesehatan penghuni dan meningkatkan prod uktivitas karyawan
  3. Mengurangi sampah, polusi dan degradasi lingkungan
  4. Bangunan alami, yang biasanya pada skala yang lebihkecil dan cenderung untuk fokus pada penggunaan bahan-bahan alami yang tersedia secara lokal.
  5. Bangunan hijau tidak secara khusus menangani masalah perkuatan rumah yang ada..
  6. Mengurangi dampak lingkungan : Praktek green building bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan dari bangunan  

PENERAPAN GREEN ARCHITECTURE  
1. Memiliki Konsep High Perfomance Building & Earth Friendly
Sky at One Central Park
  1. Menggunakan energi alam seperti sinar matahari untuk penerangan alami, angin sebagai penyejuk lingkungan.
  2. Bahan-bahan bangunan yang digunakan cenderung ramah lingkungan.
  3. Kolam air disekitar Bangunan berfungsi selain dapat memantulkan sinar lampu, juga dapat mereduksi panas matahari sehingga udara tampak sejuk dan lembab.
2) Memiliki Konsep Sustainable
Pembangunannya sangat di konsepkan, menelaah lahan lingkungan wilayah yang sangat terbatas, dengan konsep alamiah dan natural, dipadukan dengan
 konsep teknologi tinggi, bangunan ini memungkinkan terus bertahan dalam jangka panjang karena tidak merusak lingkungan sekitar yang ada.
3) Memiliki Konsep Future Healthly.
Courtesy of Vancouver Convention Center

  1. Dapat dilihat dari beberapa tanaman rindang yang mengelilingi bangunan, membuat iklim udara yang sejuk dan sehat bagi kehidupan sekitar, lingkungan tampak tenang, karena beberapa vegetasi dapat digunakan sebagai penahan kebisingan.
  2. Dinding bangunan curtain wall dilapisi alumunium dapat berguna untuk UV protector untuk bangunan itu sendiri. Tentunya ini semua dapat memberi efek positif untuk kehidupan.
  3. Pada bagian atap gedung, terdapat tangga untuk para pengguna yang akan menuju lantai atas. Ini dapat meminimalisasi penggunaan listrik untuk lift atau eskalator.
  4. Tentu lebih menyehatkan, selain sejuk pada atap ban gunan terdapat rumput yang digunakan sebagai green roof, pengguna juga mendapatkan sinar matahari.
4) Memiliki Konsep Climate Supportly.
Dengan konsep penghijauan, sangat cocok untuk iklim yang masih tergolong tropis (khatulistiwa). Pada saat penghujan, dapat sebagai resapan air, dan pada saat kemarau, dapat sebagai penyejuk udara.
5) Memiliki Konsep Esthetic Usefully.

Penggunaan green roof juga dapat dilakukan, selain untuk keindahan dan agar terlihat menyatu dengan alam, juga dapat digunakan sebagai water catcher sebagi proses pendingin ruangan alami karena sinar matahari tidak diserap beton secara langsung. 

Komentar

Posting Komentar